Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

26 Jan 2013

Jokowi & 6 Gaya Gaul ala Anak Muda

 

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) disebut salah satu tokoh muda yang naik daun. Ayah 3 anak ini berjiwa muda dalam membenahi Jakarta.

Ayah 3 anak ini ingin anak muda di Jakarta menjadi inspirasi bagi Indonesia.

Jokowi yang gemar musik cadas ini selalu melibatkan partisipasi pemuda dalam sejumlah pesta rakyat, seperti malam tahun baru 2013 kemarin.

Semangat muda dan kerja tanpa mengenal lelah orang nomor satu ini kerap dijadikan teladan bagi kaum pemuda.

Berikut 6 gaya gaul ala anak muda Jokowi:


1. Jokowi Ngomong Ciyuuus...
Ciyuuus...miapah! Itulah bahasa gaul yang menjamur di kalangan masyarakat. Jokowi juga pernah menggunakan bahasa gaul itu.

Kata-kata gaul yang lagi 'in' itu terlontar dari Jokowi saat bercengkrama santai selama 30 menit dengan sejumlah wartawan di teras Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa 22 Januari 2013.

Saat itu, wartawan bertanya apakah Jokowi pusing menghadapi semua masalah Jakarta yang sedemikian kompleks, Jokowi menjawab santai sambil senyum-senyum.

"Biasa saja, jangan berpikir saya melihat ini pusing ya. Tapi yang paling penting setiap problem bisa diselesaikan dengan secepatnya," kata Jokowi.

Khusus mengenai agendanya berkunjung ke perkampungan warga, menurutnya tidak serampangan seperti yang terlihat. Lokasi yang dikunjungi adalah berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan sebelumnya sekaligus merumuskan permasalahannya.

"Malam itu kita kerja juga. Malam lebih hening, santai, jadi lebih enak buat mikir," kata Jokowi sambil tersenyum.

"Apa karena siang pusing menghadapi wartawan, Pak?" tanya wartawan.

"Ya nggak, tapi pas B dan pas T ya BT. Ciyussss," kata Jokowi sambil senyum disambut tawa wartawan.

Jokowi merasa semua masalah yang dihadapinya selama ini bisa diatasi. Tak ada masalah yang berat, semua enteng bagi ayah tiga anak itu.

"Nggak ada masalah yang paling bikin pusing, enteng semua, biasa aja. Ciyuuus (serius -red)," imbuh Jokowi.


2. Malam Muda Mudi
Jokowi akan menggelar acara bagi kaum muda-mudi Jakarta, seperti era Ali Sadikin dengan nama dan konsep yang tentunya berbeda.

"Pada saat ulang tahun Jakarta, pada saat Bang Ali ada acara muda-mudi, dan akan kita adakan kembali, tapi namanya belum tahu," kata Jokowi yang tidak membeberkan lebih lanjut rencana acara tersebut pada Senin 14 Januari 2013.

Suami Iriana ini akan membuat ruang-ruang rekreasi gratis bagi warga Ibukota. "Selain untuk interaksi masyarakat, bisa saling menyapa," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menceritakan acara Tahun Baru 2013 yang digelar di kawasan Thamrin dan Sudirman dan Monas.

"Alhamdulillah berjalan dengan baik. Juga ada di beberapa tempat, zikir akbar dan memang yang kami hadiri hanya di Monas, dan tempat lain tidak bisa hadir karena penataan waktu yang tidak memungkinkan," ujar Jokowi yang terbalut setelan jas warna hitam ini.


3. Konser Rock Idola
Jokowi penggemar musik rock. Musik cadas selalu menemani suami Iriana ini saat dalam perjalanan blusukannya keliling Jakarta.

"Rock itu ada Megadeth, Black Sabbath dan Metallica," kata Jokowi menyebut kelompok rock lain favoritnya.

Alunan musik rock I'll be There for You, milik Bon Jovi pun memeriahkan suasana perjalanan mobil Jokowi saat memecah kemacetan Jakarta.

"Ya sepanjang jalan kayak gini. Kamu kan nggak ngerti, Metallica, Scorpion, Anthrax. Ini masih agak lumayan kalau yang di (mobil dinas) Land Cruiser itu lebih cadas lagi," kata Jokowi.

Ayah 3 anak ini juga menonton konser grup Guns N' Roses. Ia ditemani istrinya yang juga fans terhadap grup yang terkenal dengan Lagu 'Welcome To The Jungle' ini.

Jokowi bahkan menyempatkan ke Singapura untuk menyaksikan aksi Judas Priest dan Lamb of God di sana beberapa waktu lalu.


4. Hotspot di TamanJokowi berjanji memasang hotspot di Taman Suropati. Di taman inilah, anak muda Jakarta bisa berkreasi.

"Nanti diberi hotspotnya, jadi anak muda bisa kumpul," kata Jokowi saat sedang menikmati sore hari di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (28/10/2012).

Jokowi berencana menambah jumlah taman kota seperti Taman Suropati di sejumlah daerah di Jakarta. Proses tersebut menurutnya telah dilaksanakan dan sedang dalam proses pembebasan lahan.

"Sudah masuk agenda ke depan, ruang kreatif warga di Jakarta seperti Taman Suropati harus diperbanyak. Sebentar lagi sudah dimulai, ini lagi kita urus banyak yang akan dibebaskan," ujar mantan Walikota Surakarta tersebut.

Menurut Jokowi, upaya pembuatan taman kota tersebut bisa dilaksanakan tanpa APBD, yakni melalui upaya-upaya bersama warga Jakarta. "Nggak usah pakai APBD, bisa diomongkan," ujar Jokowi.


5. KNPI yang Akur
Jokowi menghadiri acara pelantikan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DPD Provinsi DKI Jakarta. Ia pesan agar KNPI DKI Jakarta rukun dalam berorganisasi.

"Ya, KNPI yang rukun," kata Jokowi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (30/11/2012).

KNPI menyampaikan respek pada Jokowi dan menyebutnya sebagai teladan anak muda Indonesia.

"Yang harus diteladani pemuda indonesia saat ini ialah kita punya role model yang efektif seperti Pak Jokowi," kata Ketua bidang organisasi KNPI, Mustaqin Abdulmanan.

Mustaqin mengatakan KNPI sangat mendudukung kepemimpinan nasional yang efektif seperti yang dilakukan oleh Jokowi saat ini. "Mengedepankan kerja dan kerja. Walaupun hasilnya belum terlihat," ujarnya.


6. Pemuda Stop Tawuran
Jokowi berharap anak muda di Jakarta mampu menjadi inspirasi.

"Pemuda harus menginspirasi kemajuan kota karena para pemuda dahulu menginspirasi bersatu menuju Indonesia merdeka," kata Jokowi di silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (28/10/2012).

"Jangan sampai remaja-remaja kita tawuran. Kita semuanya harus bersatu," imbaunya di depan ratusan anak muda yang menonton program musik stasiun televisi swasta.

Jokowi didampingi istri Iriana membuka Kirab Budaya Rakyat yang digelar Pemprov DKI Jakarta. Acara ini digelar terkait Hari Sumpah Pemuda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar