Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

20 Des 2012

Rio Haryanto Promosi ke Balapan GP2

Pembalap asal Solo tersebut akan memulai seri perdana GP2 di sirkuit Sepang, Malaysia.

Rio Haryanto
VIVAnews - Pembalap belia Indonesia, Rio Haryanto, selangkah lebih dekat untuk berkiprah di F1. Rio naik ke jenjang Formula GP2 setelah dua musim beradu cepat di kelas GP3.

Pembalap asal Solo tersebut akan memulai seri perdana GP2 di sirkuit Sepang, Malaysia pada 23 Maret 2012. Di kelas GP2, Rio akan memperkuat tim Marussia Carlin.

Menapaki kelas baru di ajang GP2, Rio menyatakan persaingan di kelas ini sangat kompetitif. Banyak pembalap lain yang telah memiliki pengalaman 3-4 tahun lebih lama di tahapan ini.

"Saya akan memulai perjuangan di kelas GP2. Ini kelas yang kompetitif, karena perbedaan waktu dengan pembalap lainnya hanya hitungan detik," katanya.

Rio akan menggeber Renault bersasis Dallara berkapasitas 3.000cc. Kendati selangkah lebih maju ke ajang bergengsi F1, Rio tidak pasang target muluk di lintasan GP2 yang berlangsung dalam 12 seri.

"Tahun pertama, saya masih belajar. Dan tahun kedua saya berharap bisa perform. Tapi, tahun ini saya akan berusaha semaksimal mungkin mendapatkan hasil terbaik," ujarnya.

Selain mendapat lawan tangguh, Rio mengaku harus mempelajari lebih jauh karakter mobil GP2. "Terutama ban, karena di ajang GP2, saya akan memakai ban Pirelli dengan tingkat degradasi yang lebih tinggi. Terlebih, karakter mobil GP2 lebih kencang tiga kali lipat dari GP3. Mobil GP3 memiliki 650 hp. Ini yang masih harus saya pelajari lagi," bebernya.

Pembalap 19 tahun ini juga perlu mendalami lebih jauh mengenai strategi pit-stop yang tepat sebagai penunjang untuk memperoleh hasil optimal. Meski demikian, Rio merasa sudah mulai menemukan ritme saat berada di dalam kokpit, setelah melakukan dua sesi tes pra-musim di Jerez dan Barcelona.

"Dalam dua sesi tes tersebut, saya telah mendapatkan kepercayaan diri lebih baik," ujar Rio.

Terkait peluangnya menorehkan hasil bagus di Sepang, Rio menambahkan, "Saya memiliki keuntungan di sana, karena sebelumnya pernah tampil di Formula BMW di Sepang."
"Jadi, saya berharap keuntungan tersebut menjadi nilai lebih bagi saya saat balapan nanti," tutur Rio yang sukses menyabet tujuh trofi di kelas GP2. (art)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar