Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

19 Jan 2013

Korut Luncurkan Roket, Jepang Bersiaga Perang

Roket Unha-3 milik Korea Utara.
TEMPO.CO, Tokyo - Jepang mulai mengerahkan misil pertahanan dari darat ke udara dan meminta seluruh pasukannya bersiaga guna menghadapi rencana peluncuran roket Korea Utara pada bulan ini.

Televisi publik, NHK, melaporkan, sebuah kapal perang pengangkut PAC-3 (Patriot Advanced Capability-3), misil balistik, telah meninggalkan pangkalan angkatan laut di sebelah barat negara, Senin, 3 Desember 2012, menuju ke selatan negara Kepulauan Okinawa.

Korea Utara pada Sabtu, 1 Desember 2012, mengumumkan bahwa negaranya akan meluncurkan sebuah roket pada kisaran 10-22 Desember 2012.

Pengumuman ini serta-merta direspons Jepang. Satoshi Morimotoi, Menteri Pertahanan Jepang, langsung memerintahkan militer, Sabtu, bersiap-siap menghadapi peluncuran roket. Juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan kepada kantor berita AFP, "Pasukan kami dari jajaran angkatan darat, laut, dan udara, saat ini siap dikerahkan ke Okinawa."

Yomiuri Shimbun dan media Jepang lainnya melaporkan, Jepang juga berencana mengerahkan kapal perang Aegis di perairan dekat perbatasan Korea Utara.

Selain itu, Jepang akan siap menembak jatuh roket yang terlihat masuk ke wilayahnya. "Keputusan itu diambil setelah para pejabat berwenang mengadakan pertemuan darurat yang dipimpin oleh Perdana Menteri Yoishihiko Noda," demikian laporan Nikkei, harian bisnis Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar