Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

1 Feb 2013

Ketua DPR: Kasus Luthfi Hasan Perburuk Citra DPR

Marzuki meminta fraksi-fraksi mengimbau para anggotanya amanah.

Ketua DPR Marzuki Alie (kiri) mengatakan kasus yang melibatkan anggota komisi I DPR dari fraksi PKS Luthfi Hasan Ishaaq perburuk citra DPR.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie mengatakan citra lembaganya semakin buruk pasca penahanan anggota Komisi I Luthfi Hasan Ishaaq oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Isu demikian semakin memperburuk citra DPR yang selama ini sedemikian parah," kata Marzuki di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 31 Januari 2013.

Marzuki, meminta kepada fraksi-fraksi yang ada di DPR untuk mengimbau para anggotanya agar bekerja dengan baik. "Harus amanah, tegakkan DPR sebagai institusi yang dipercaya rakyat," ujarnya.

Meski demikian, Marzuki mengaku prihatin atas tertangkapnya kembali salah satu anggotanya. Penahanan Luthfi atas dugaan keterlibatan dalam kasus korupsi impor daging sapi, menambah panjang daftar wakil rakyat yang terjerat kasus korupsi.

"Kita harus menghargai praduga tak bersalah, sesuai keterangan pers yang bersangkutan, bahwa yang bersangkutan tidak mengerti," tuturnya.

Selain itu, kata Marzuki, semua fraksi yang ada di DPR juga diminta untuk melakukan introspeksi diri agar tak melakukan pelanggaran hukum. "Korupsi mari kita hindari," kata dia.

Sementara, mengenai status Luthfi sebagai anggota dewan, Marzuki menyerahkannya kepada Badan Kehormatan DPR.

"Tapi tergantung inisiatif fraksinya, bisa saja fraksinya minta dinonaktifkan," ujarnya.

Luthfi Hasan yang merupakan Presiden PKS telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasus suap impor daging. Sore ini KPK langsung menahan Luthfi di rumah tahanan Guntur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar