Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

1 Feb 2013

Lembaga Navigasi Penerbangan Berdiri, Apa Fungsinya?

Lembaga ini fokus pada keselamatan penerbangan di Indonesia.

Bandara internasional Soekarno Hatta di Tangerang

Perum Lembaga Penyelenggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) akan memfokuskan diri terhadap bidang navigasi. Selain itu, lembaga tersebut berfungsi memudahkan navigasi penerbangan, sehingga bisa menjamin pengawasan keselamatan penerbangan Indonesia.

"Pendirian lembaga baru ini (LPPNPI) akan fokus khusus di bidang navigasi, mulai dari penyediaan alat-alat navigasi, menyediakan SDM yang berkualitas, dan lebih berkonsentrasi pada keselamatan penerbangan," ujar Juru Bicara Kementerian BUMN, Faisal Hilmi, kepada VIVAnews, Kamis 31 Januari 2013.

Misalnya, dia melanjutkan, penerbangan pesawat Garuda Indonesia dari Surabaya ke Jakarta yang dijadwalkan pukul 10.10 WIB, tiba-tiba maju menjadi pukul 10.00 WIB. Data take off pesawat itu akan terekam di ATC Jakarta, sehingga pesawat Garuda itu harus antre dengan pesawat lainnya yang hendak take off di waktu yang sama.

Lalu, Faisal menambahkan, para pilot harus melapor ke pihak tertentu untuk mengetahui posisi pesawat saat di udara maupun di darat, sehingga waktu yang terbuang saat take off dan landing bisa dihilangkan.

Menurut dia, perusahaan baru itu juga bisa memangkas birokrasi dan mempermudah pengawasan penerbangan. "Dengan adanya Perum LPPNPI, pekerjaannya akan lebih direct dan memangkas birokrasi, sehingga keselamatan penerbangan di Indonesia akan lebih terjamin, termasuk pengawasannya," kata Faisal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar