Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

2 Jan 2013

4 Jembatan Terpanjang di Indonesia

Jembatan adalah sebuah bangunan yang menghubungkan suatu daerah/tempat ke daerah/tempat lainnya. pembangunan jembatan memiliki beragam fungsi, diantaranya adalah untuk menghubungkan suatu daerah dengan daerah lainnya yang terhalangi sungai atau selat. Atau bisa juga berfungsi sebagai pengurai kemacetan maupun sarana penghubung berbagai kendaraan kendaraan. Jenis kendaraan yang bisa melewati jembatan bermacam-macam seperti kendaraan bermotor maupun kereta api tergantung jenis dan strukter jembatan itu sendiri.
Di Indonesia tercatat banyak sekali Jembatan yang berfungsi untuk menghubungkan suatu daerah dengan daerah lainnya, keberadaan jembatan ini sangat membantu melancarkan mobilitas satu daerah. Dari sekian banyak Jembatan yang berada di Indonesia Penulis mencoba merangkumnya menjadi 4 Jembatan terpanjang dan menjadi Landmark kota Indonesia.
Berikut nama-nama Jembatan tersebut ;

1. Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu adalah dengan memiliki panjang 5.438 m jembatan ini mendapat predikat jembatan terpanjang di Indonesia dan nomor tiga terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan ini di bangun untuk menghubnugkan dua pulau di Jawa Timur yakni Pulau Jawa dan Madura. Pembangunan jembatan ini di maksudkan untuk semakin melancarkan mobilitas serta pembangunan di Pulau Madura. Hal yang kemudian bisa tercapai dengan semakin menggeliatnya pembangunan akibat semakin lancarnya transfortasi ke pulau madura. Sekarang Jembatan Suramadu bukan hanya sebagai Jembatan penghubung.

2. Jembatan Pasupati
Jembatan Pasupati adalah sebuah jembatan layang yang membentang sepanjang 2.147 m dan terletak di kota Bandung. Jembatan ini di bangun untuk mengurai kemacetan yang sering melanda daerah terusan Pasteur dan Surapati. Sehingga jembatan ini dinamai dari gabungan 2 daerah tersebut. Selain berfungsi menjadi pengurai kemacetan di kota Bandung yang padat, jembatan Surapati juga sudah menjadi ikon baru di kota bandung. pemandangan senja dan malam hari di jembatan ini sangat indah.

 3. Jembatan Siak
Jembatan yang juga mempunyai nama lain Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah ini terletak di Kabupaten Siak Provinsi Riau dan memiliki panjang 1.196 m. Nama jembatan ini diambil dari nama istri Raja Siak Sultan Syarif Hashim. Jembatan yang diresmikan tanggal 11 Agustus 2007 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini di bangun dengan harapan bisa menggeliatkan ekonomi dan pariwisata di kabupaten Siak.

4. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera yang memiliki panjang 1.117 m tidak kalah menariknya dengan jembatan-jembatan lain yang menjadi landmark di kotanya. Ampera telah menjadi landmark bagi Sumatera selatan dan palembang. jembatan yang membentang di atas sungai musi ini ramai di kunjungi wisatawan yng berkunjung ke palembang. Awalnya jembatan ini memiliki bagian yang bisa mengangkat dengan peralatan mekanis. yang berfungsi untuk memberi jalan kapal besar yang lewat di tengah sungai Musi. Tetapi sejak tahun 1970 fungsi ini sudah di tiadakan karena waktu untuk mengangkat dan membiarkan kapal lewat malah membuat antrian kendaraan yang akan menyebrangi jembatan semakin panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar