Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

2 Jan 2013

Negara-negara di dunia dengan anggaran militer yang mengagumkan

Militer identik dengan perang dan pertahanan, dan memang begitulah adanya. Tetapi selain untuk perang, Militer juga penting untuk kewibawaan dan pertahanan stabilitas negara, sehingga negara bisa aman menjalankan setiap keputusan dan kebijakannya tanpa di rongrong oleh negara lain. Selain itu sebuah negara dengan militer yang kuat akan di segani di kawasannya sehingga pemaparan, pendapat dan masukannya sering di dengar untuk kemudian menjadi pertimbangan untuk pengambilan keputusan baik di regional kawasan maupun global. Begitu penting dan strategisnya posisi dan fungsi dari Militer sehingga banyak negara berlomba-lomba untuk meningkatkan kekuatan militernya, salah satunya dengan menambah anggaran Militer menjadi ratusan milliar dollar setiap tahunnya. Sebuah angka yang fantastis dan di luar nalar sebagian orang, tetapi hal itu benar adanya.
Berikut penulis akan paparkan negara-negara yang memiliki anggaran militer ‘wah’ di dunia,
1. Amerika Serikat
Negara yang di kenal denga negara suporpower ini semakin melambungkan anggaran militernya untuk invasi maupun pertahanan diri terlebih pasca Pascaserangan teroris 9/11 lebih dari satu dekade silam. Tercatat pada tahun 2011, Amerika Serikat smengeluarkan sedikitnya dana US$698 miliar untuk anggaran militernya. Anggaran yang sangat besar itu tidak terlepas dari  kebijakan luar negeri pemerintah Amerika Serikat yang sangat menaruh perhatian besar pada isu terorisme. Salah satu yang terbaru adalah upaya menggulingkan Khadafy dari pemerintah Lybya pun menyedot anggaran yang besar.
2. China
Negara besar baru yang siap menyeruak dan mengimbangi kekuatan militer Amerika Serikat. Tumbuhanya perekonomian China yang bak cendawan di musim hujan ikut berimbas juga pada anggaran militer dan revitalisasi seluruh kebutuhan negara, salah satunya penguatan militer. Pada 2011, China tercatat mengeluarkan dana sampai US$114 miliar, anggaran yang luar biasa besar ini untuk penguatan pengaruh kawasan di Asia Timur yang juga di huni Korea Selatan, Jepang dan negara yang menginginkan kemerdekaan dari China, Taiwan. Walaupun negara-negara tersebut notabene masih di bawah China tetapi kedekatan negara-negara tetangga Amerika Serikat di sinyalir ikut mempengaruhi juga kekhawatiran China.
3. Perancis
Sebagai sebuah negara besar di Eropa, perancis menyeruak menjadi kekuatan utama. Dengan anggaran Militer sebesar US$61,3 miliar, membuat Perancis menjadi negara ketiga terbesar dalam hal pengeluaran anggaran militer. Di bawah kepemimpinan Presiden Nicolas Sarkozy yang di kenal dengan julukan  Sang Jenderal Kecil atau Le Petit General, prancis ingin menunjukanhegemoni kekuatannya di Eropa dan menjadi salah satu anggota Nato yang berpengaruh. Tetapi pada pemilihan presiden Perancis tahun 2012 yang diadakan pada tanggal 22 April lalu, sang jenderal kecil Nicolas Sarkozy kalah oleh pesaingnya  François Hollande. Kita lihat saja nanti bagaimana kebijakan anggaran militer Perancis di bawah François Hollande, apakah masih royal seperti sang jenderal kecil ataukah lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar