Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

24 Jan 2013

Jokowi akan Wujudkan Proyek Tanggul Laut Raksasa

Digagas Foke, tanggul itu diyakini bisa menahan pasang air laut.

Maket lokasi dam raksasa Jakarta

Pemprov DKI Jakara semasa Gubernur Fauzi Bowo telah menggagas proyek tanggul laut raksasa (giant sea wall). Tanggul itu untuk mengatasi banjir akibat air pasang laut (rob) di kawasan utara Jakarta

Gubernur DKI Jakarta saat ini, Joko Widodo, serius mewujudkan proyek itu. Tanggul ini diyakini bisa menahan pasang air laut, sekaligus membuang air dari daratan ke laut.

"Akan segera saya eksekusi. Saya sudah minta Bappenas, UKP4 untuk menghitung kalkulasinya seperti apa," ujar Jokowi di Balai Kota pada Rabu 23 Januari 2013.

Jokowi menjelaskan, yang menjadi pertimbangan mengapa proyek itu tidak berjalan karena biayanya cukup tinggi dan waktu pengerjaannya sangat panjang.

"Ini kan butuh anggaran besar sekali dan waktunya cukup panjang. Butuh waktu lebih dari 10 tahun baru selesai," katanya.

Tapi, untuk jangka panjang, pembangunan mega proyek tersebut dirasakan perlu. "Ini penting sekali untuk menghadang rob yang besar namun juga untuk membuang air dari dalam ke luar, tapi memang dananya itu triliunan," ujar dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar