Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

8 Jan 2013

Ini Penyebab 6 Kementerian Dapat Rapor Merah

UKP4 mengumumkan, masih ada enam kementerian yang mendapat rapor merah.

 Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian (UKP4) mengumumkan bahwa masih ada enam kementerian yang mendapat rapor merah akibat kinerja yang kurang memuaskan sepanjang 2012. Salah satu penyebabnya adalah penyerapan anggaran yang belum maksimal. 

Menurut Menteri Keuangan Agus Martowardojo, kurang maksimalnya kinerja penyerapan anggaran sebagian kementerian dan lembaga tersebut, bukan disebabkan ketatnya pencairan anggaran di Kementerian Keuangan.
Pihaknya, kata Agus, akan mengabulkan pencairan anggaran yang diajukan jika memang term of refference dan rencana anggaran Belanjanya (RAB) yang diajukan memenuhi syarat.  
"Jadi, pekerjaan itu tidak selesai tidak dihambat oleh Menkeu," ujar Agus di kantornya, Jakarta, Jumat 4 Januari 2012. 
Dia menjelaskan, kecenderungan tidak terserapnya anggaran yang terjadi lebih karena dari waktu perencanaan dengan implementasinya sedikit, karena baru ditetapkan dalam APBN-P. 
"Nah, waktu yang tersisa memang sedikit sekali untuk K/L bisa merealisasikan. Jadi, yang saya ingin sampaikan, kalau APBN-P itu kemudian dianggap waktunya sedikit sekali, saya setuju," ungkapnya. 
Untuk itu, Agus berharap, apa yang direncanakan pemerintah pada tahun ini dalam APBN 2013, tidak meleset, sehingga tidak memerlukan perubahan APBN dan kinerja pemerintahan dapat maksimal. 
"Jadi, itu saya sampaikan kalau tidak sangat perlu, memang kita kalau bisa tidak ada APBN-P," tuturnya. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar