Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

31 Jan 2013

Penumpang Batavia Air Ditampung Mandala Air

Bila Mandala kewalahan ditampung maskapai lain

Pesawat Batavia Air

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Herry Bakti, mengatakan manajemen Batavia telah bekerja sama dengan Mandala Air untuk mengambil alih rute-rute penerbangan besok. Mandala melayani para penumpang Batavia Air yang sudah terlanjur membeli tiket untuk besok.

Jika pihak Mandala kewalahan dan tidak bisa melayani mereka, Mandala akan memberikan voucher pengganti yang bisa digunakan oleh penumpang jika maskapai itu sudah bisa melayani lagi.

Lion Air dan Sriwijaya akan menampung limpahan dari Mandala itu. Herry mengimbau maskapai penerbangan yang mengambil alih rute penerbangan Batavia Air--selain Mandala-- tidak memungut biaya yang tinggi untuk tiket penerbangan 31 Januari 2013.

"Kami harap supaya penumpang diberi tiket dengan harga yang minimum," kata Herry Bakti saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu 30 Januari 2013.

Kepala Bagian Hukum dan Humas Kemenhub, Israfulhayat, mengatakan Kemenhub minta manajemen Batavia stand by di bandara-bandara untuk memberikan penjelasan kepada para penumpang tentang rute-rute yang tidak jadi diberangkatkan.

"Kepada Batavia Air dan personilnya, telah diinstruksikan untuk tetap berada di lapangan dan memberikan informasi/penjelasan mengenai kondisi Batavia Air kepada calon penumpang, serta langkah-langkah penanganan penumpang," ujarnya.

Batavia Air diputus pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat setelah digugat ILFC. ILFC mengajukan permohonan pailit kepada PT Metro Batavia. Gugatan pailit tersebut terkait dengan pesawat Airbus A330 yang dioperasikan maskapai swasta nasional tersebut untuk angkutan haji yang disiapkannya. Namun, Batavia tidak mendapatkan tender pengangkutan haji sehingga pesawat tidak maksimal dioperasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar