Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

26 Des 2012

Menang Agregat dari Thailand, Singapura Juara Piala AFF 2012






Singapura berhasil menorehkan sejarah di Piala AFF. The Lions --julukan Singapura-- menjadi tim terbanyak yang memenangkan Piala AFF sejak turnamen ini diselenggarakan dengan perolehan empat trofi juara.
Hal itu mereka pastikan seusai menaklukkan Thailand dengan agregat 3-2 di partai puncak Piala AFF 2012. Bermodalkan kemenangan 3-1 di kandang sendiri pada pertemuan pertama, Singapura harus puas dengan kekalahan tipis 0-1 dari Thailand di Supachalasai National Stadium, Sabtu (22/12/2012).
Pada awal babak pertama, Thailand memperoleh peluang lebih dulu lewat tembakan Phichitphong Choeichiu. Namun kesempatan itu terbuang percuma setelah bola gagal menemui target.
Singapura langsung menghadirkan serangan balasan. Umpan silang Shahdan Sulaiman disambut sundulan Baihakki Khaizan, namun arah bola masih melebar dari sasaran.
Tuan rumah kembali membuang peluang. Sundulan Phichitphong melambung di atas gawang Singapura yang dikawal Izwan Mahbud, setelah dirinya gagal mengantisipasi umpan silang Datsakorn Thonglao.
Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu oleh Thailand lahir jelang turun minum. Kirati Keawsombut mencatatkan nama di papan skor, setelah berhasil menyambut sepak pojok Theerathon Bunmathan dan membobol gawang lawan.
Alhasil babak pertama berakhir dengan keunggulan satu bola Thailand atas tim tamu. Namun dari agregat, mereka tertinggal 2-3 dari tim besutan Radojko Avramovic.
Memasuki babak kedua, tim "Gajah Putih" terus mendominasi serangan. Jakkapan Pornsai dan Kirati sempat menciptakan peluang, namun kedua pemain itu belum mampu menambah keunggulan timnya.
Thailand sendiri cukup sering mendapatkan sepak pojok. Lain halnya dengan Singapura, yang cenderung main aman dengan memilih untuk mempertahankan keunggulan agregat dan mengandalkan serangan balik.
Hingga tambahan empat menit injury time babak kedua yang diberikan wasit berakhir, keunggulan 1-0 tetap jadi milih Thailand. Sayangnya, gelar juara direbut oleh Singapura, setelah menang atas Thailand dengan agregat 3-2.