Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

30 Jan 2013

e-KTP Bakal Jadi Syarat Lamaran Kerja

Menurut Mendagri, 174 juta warga sudah terekam e-KTP

Gamawan Fauzi

Kementerian Dalam Negeri akan menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum pada 7 Februari 2013 mendatang.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan bahwa sebanyak 174.142.000 warga negara Indonesia sudah diambil sidik jari, iris mata, dan sudah difoto.

"Dengan asumsi pemilih 190 juta, kalau kita sudah merekam 175 juta, saya perkirakan tinggal 14 juta yang kita cari yang belum merekam," ujar Gamawan di Jakarta, Selasa, 29 Januari 2013.

Dengan DP4 tersebut, Gamawan berharap KPU lebih mudah menyusun Daftar Pemilih Sementara dan Daftar Pemilih Tetap. "Kalau saya hitung tinggal 280 orang per kelurahan dan desa yang harus kita cari," ungkap dia.

Gamawan menjelaskan DP4 tersebut bersumber dari Nomor Induk Kependudukan di Kementerian Dalam Negeri. Dengan adanya DP4 diharapkan Pemilu 2014 lebih akurat dari Pemilu-pemilu sebelumnya.

"Kalau 2009 dulu kan 171 juta, sekarang yang sudah pasti berhak memilih 175 juta, sisanya tinggal mencari," ungkap dia.

Menurut Gamawan program e-KTP juga akan diterapkan saat seseorang melamar kerja. "Sehingga nanti penggunaan tenaga kerja tidak bisa menggunakan KTP non elektronik," ujar Gamawan.

e-KTP juga direncanakan akan digunakan untuk pembuatan NPWP, BPJS, dan Askes. "NPWP menurut Pak Menteri Keuangan akan menggunakan data ini. Sehingga orang dewasa sudah memiliki NPWP dari sidik jari dan itu tidak bisa dipalsuakan," jelas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar