Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

11 Jan 2013

Usai Bentrok, Posko Cagub Sulawesi Selatan Dijaga Ketat Brimob

Tiga orang terluka dalam bentrokan antarpendukung cagub di Makassar.

 

Bentrokan dua kubu pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan terjadi di Kota Makassar Kamis petang, 10 Januari 2013. Insiden ini melibatkan para pendukung pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) dengan kubu pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (SAYANG),

Tiga orang terluka dalam bentrokan yang terjadi setelah debat kandidat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel di Gedung Celebes Convention Centre (CCC), Jalan Tanjung Bunga, Makassar.

Untuk mencegah bentrok susulan, pasukan Brimob menjaga ketat seluruh posko pemenangan kedua kandidat di Kota Makassar. VIVAnews memantau, sejak Kamis malam posko pemenangan Ilham-Aziz di Jalan Gunung Batu Putih dijaga sekitar 30 personel Brimob.
Penjagaan yang sama juga dilakukan Brimob di posko induk pemenangan pasangan Syahrul-Agus di Jalan Haji Bau. Kemudian, posko media centre Ilham-Aziz di Jalan Boulevard serta di posko tim media Syahrul-Agus di Jalan Pelita Raya, juga tampak dijaga ketat oleh Brimob.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Endi Sutendi, mengatakan bahwa sejak terjadi bentrokan, Brimob Polda Sulsel telah melakukan pengamanan di Makassar. "Backup pengamanan dikerahkan ke posko masing-masing tim. Jumlahnya sekitar 30 personel setiap posko," kata Endi Sutendi.

Siaga ketat Personel tim elit Polri tersebut akan berlangsung hingga proses Pemilukada Gubernur Sulsel 2013 selesai. Sementara itu, kedua kandidat sepakat tidak melakukan penyerangan satu sama lain setelah terjadi bentrok di Jalan Haji Bau pada Kamis sore dan berlanjut pada penyerangan Posko Ilham-Aziz di Gunung Batu Putih beberapa jam setelahnya.
Jangan Terpancing
Calon Gubernur Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin bahkan secara tegas meminta kepada semua pendukungnya untuk tidak bereaksi. "Kepada semua simpatisan Ilham Aziz saya imbau untuk tetap tenang.
Jangan ada yang terpancing, jangan ada  pembalasan, tidak boleh hanya karena pilgub, Makassar tercederai," kata Ilham kepada seluruh pendukungnya di Sulawesi Selatan. "Ini merupakan upaya orang-orang yang tak bertanggung jawab yang menginginkan Sulsel ribut," tambahnya

Dia meminta polisi untuk bekerja lebih keras dengan harapan Sulawesi Selatan tetap kondusif dan tidak terjadi gesekan yang memicu terjadinya keributan.  "Polisi harus bekerja ekstra malam ini, usut pemicunya.Jangan lagi ada pembiaran seperti kemarin – kemarin," pinta Ilham kepada aparat.

Hal sama dikemukakan juru bicara tim SAYANG, Henny Handayani. Henny mengajak seluruh pendukung SAYANG untuk tidak terpancing dan tenang menghadapi proses pemilukada Sulsel 2013. Terkait dengan insiden Haji Bau, tim SAYANG juga ikut menyesalkan peristiwa tersebut.
"Karena peristiwa itu sangat mencederai upaya kita untuk menjadikan Pilgub Sulsel menjadi percontohan yang damai dan berkualitas," tegas Henny.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar