Selamat Datang di Website blogger Jhon Demos Silalahi

18 Jan 2013

Lance Armstrong Mengaku Menggunakan Doping

Getty Images - wawancara Lance Armstrong dengan Oprah Winfrey
Juara tujuh kali balap sepeda Tour de France, Lance Armstrong, mengakui kalau ia sudah berbohong selama ini kepada dunia. Armstrong mengungkapkan kalau ia menggunakan obat-obat stimulus untuk menunjang karier balap sepedanya dan melawan sakit kankernya.

Pengakuan pembalap asal Amerika Serikat itu diutarakannya di wawancara ekslusif dengan presenter Oprah Winfrey yang diputar Jumat (18/1) pagi WIB.

"Kebohongan besar yang saya katakan berulang kali," ujarnya lirih kepada Oprah.

Pria kelahiran Texas, 18 September 1971 itu menyebut beberapa jenis obat yang ia pakai yang sebenarnya dilarang dalam kegiatan olahraga profesional.

Yaitu EPO, doping lewat transfusi darah dan sejenis hormon injeksi testoteron pernah digunakannya.

Saat Oprah bertanya bagaimana ia melakukannya, Armstrong hanya tertawa dan mengatakan kalau apa yang ia lakukan sudah berlangsung sejak lama.

Lalu Oprah kembali bertanya, apakah (pembalap) yang lain melakukan hal yang sama (memakai doping)? Armstrong menolak membeberkannya. "Saya tak bisa mengatakannya."

Armstrong juga bertanggung jawab penuh untuk perbuatan yang telah ia lakukan. Perbuatan yang telah mencederai sportivitas dalam olahraga.

Sebelum wawancara itu, gelar juara tujuh kali Tour de France dan medali perunggu Olimpiade Sydney 2000 sudah dicabut. Armstrong juga kehilangan kontrak kerja senilai jutaan dolar AS dengan berbagai sponsor yang rata-rata adalah merek besar dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar